Pengertian Algoritma
Untuk
dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi, kita tidak perlu
menyusun langkah-langkah atau strategi.
Algoritma
berasal dari kata algorism, yaitu
nama penulis buku Arab yang terkenal, Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa
al-Khoarismi. Dalam bidang pemrograman,
algoritma didefinisikan sebagai berikut:
Algoritma adalah kumpulan
instruksi/perintah/langkah yang berhingga jumlahnya, dituliskan secara
sistematis, dan digunakan untuk menyelesaikan masalah/persoalan logika dan
matematika dengan bantuan computer.
Bila
digambarkan maka proses penyelesaian masalah sampai memperoleh pemecahannya
adalah sebagai berikut:
Masalah
|
Algoritma
|
Solusi
|
Algoritma
pemrograman yang baik harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu:
1. Menggunakan
langkah/metode yang tepat dalam pemecahan masalah.
2. Menghasilkan
output yang benar.
3. Ditulis
menggunakan bahasa yang standar serta dengan format yang mudah dipahami.
4. Operasi
yang dipelukan sudah terdefinisi dengan jelas.
5. Semua
proses harus berakhir/berhingga. Jadi, ada saat untuk berhenti.
Selain
kriteria diatas, algoritma juga harus memenuhi cirri berikut:
1. Precise
2. Jumlah
langkah/step berhingga dan tertentu
3. Efektif
4. Harus
terminate
Penyajian Algoritma
Aloritma
disajikan dengan tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan
memiliki struktur bahasa tertentu dan
pseudocode, sedangkan yang disajikan dengan gambar, misalnya flowchart program, data flow diagram, diagram chart, dan lain-lain.
1.
Pseudocode
àberasal
dari kata pseudo (mirip/menyerupai)
dan code, yang berarti kode mirip
dengan kode program yang sebenarnya.
Contoh:
Untuk
mencari rata-rata dari 2 bilangan yang diinputkan.
Pseudocode:
1. Input(x,y)
2. Zßx+y
3. RerataßZ/2
4. Output(Rerata)
5.
End
2.
Flowchart
(Bagan Alir)
àFlowchart
program adalah suatu bagan yang menggambarkan atau mempresentasikan suatu
algoritma atau prosedur untuk menyelesaikan masalah.
Flowchart
terbagi 2 yaitu:
1.
Flowchart
system
Yaitu bagan yang
menggambarkan suatu prosedur dan proses suatu file dalam suatu media menjadi
file dalam media yang lain menjadi suatu system data.
2.
Flowchart
Program
Yaitu bagan yang
menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah.
Struktur Dasar Algoritma
Algoritma
berisi langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah-langkah tersebut
bisa berupa urutan aksi (kejadian/tindakan), pemilihan aksi, dan pengulangan
aksi. Berikut adalah tiga struktur dasar Algoritma, yaitu:
1.
Sequence
Structure (Struktur Runtunan)
è Struktur
dasar algoritma dimana instruksi akan dieksekusi secara berurutan. Digunakan
untuk program yang instruksinya sequential/berurutan.
2.
Selection
Structure (Struktur Percabangan)
è Struktur
dasar algoritma dimana instruksi/pernyataan akan dieksekusi apabila memenuhi
atau tidak memenuhi suatu kondisi.
3.
Repetition
Structure (Struktur Perulangan)
è Structure
dasar algoritma dimana instruksi akan dieksekusi secara berulang-ulang apabila
memenuhi atau tidak memenuhi suatu kondisi.
Referensi
Sismoro,
Heri. 2005. Pengantar Logika Informatika, Algoritma, dan Pemrograman Komputer.
Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar