Sabtu, 18 Maret 2017

Review Algoritma




Pengertian Algoritma

Untuk dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang kita hadapi, kita tidak perlu menyusun langkah-langkah atau strategi.
Algoritma berasal dari kata algorism, yaitu nama penulis buku Arab yang terkenal, Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa al-Khoarismi. Dalam bidang pemrograman, algoritma didefinisikan sebagai berikut:
Algoritma adalah kumpulan instruksi/perintah/langkah yang berhingga jumlahnya, dituliskan secara sistematis, dan digunakan untuk menyelesaikan masalah/persoalan logika dan matematika dengan bantuan computer.
Bila digambarkan maka proses penyelesaian masalah sampai memperoleh pemecahannya adalah sebagai berikut:
Masalah
     Algoritma
Solusi
                       

Algoritma pemrograman yang baik harus memenuhi beberapa kriteria, yaitu:
1.      Menggunakan langkah/metode yang tepat dalam pemecahan masalah.
2.      Menghasilkan output yang benar.
3.      Ditulis menggunakan bahasa yang standar serta dengan format yang mudah dipahami.
4.      Operasi yang dipelukan sudah terdefinisi dengan jelas.
5.      Semua proses harus berakhir/berhingga. Jadi, ada saat untuk berhenti.
Selain kriteria diatas, algoritma juga harus memenuhi cirri berikut:
1.      Precise
2.      Jumlah langkah/step berhingga dan tertentu
3.      Efektif
4.      Harus terminate
5.      Output yang dihasilkan tepat
Penyajian Algoritma
Aloritma disajikan dengan tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan memiliki struktur bahasa tertentu dan pseudocode, sedangkan yang disajikan dengan gambar, misalnya flowchart program, data flow diagram, diagram chart, dan lain-lain.
1.      Pseudocode
àberasal dari kata pseudo (mirip/menyerupai) dan code, yang berarti kode mirip dengan kode program yang sebenarnya.
Contoh:
Untuk mencari rata-rata dari 2 bilangan yang diinputkan.
Pseudocode:
1.      Input(x,y)
2.      Zßx+y
3.      RerataßZ/2
4.      Output(Rerata)
5.      End
2.      Flowchart (Bagan Alir)
àFlowchart program adalah suatu bagan yang menggambarkan atau mempresentasikan suatu algoritma atau prosedur untuk menyelesaikan masalah.
Flowchart terbagi 2 yaitu:
1.      Flowchart system
Yaitu bagan yang menggambarkan suatu prosedur dan proses suatu file dalam suatu media menjadi file dalam media yang lain menjadi suatu system data.
2.      Flowchart Program
Yaitu bagan yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah.


Struktur Dasar Algoritma
Algoritma berisi langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah-langkah tersebut bisa berupa urutan aksi (kejadian/tindakan), pemilihan aksi, dan pengulangan aksi. Berikut adalah tiga struktur dasar Algoritma, yaitu:
1.      Sequence Structure (Struktur Runtunan)
è Struktur dasar algoritma dimana instruksi akan dieksekusi secara berurutan. Digunakan untuk program yang instruksinya sequential/berurutan.
2.      Selection Structure (Struktur Percabangan)
è Struktur dasar algoritma dimana instruksi/pernyataan akan dieksekusi apabila memenuhi atau tidak memenuhi suatu kondisi.
3.      Repetition Structure (Struktur Perulangan)
è Structure dasar algoritma dimana instruksi akan dieksekusi secara berulang-ulang apabila memenuhi atau tidak memenuhi suatu kondisi.

Referensi
Sismoro, Heri. 2005. Pengantar Logika Informatika, Algoritma, dan Pemrograman Komputer. Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar